Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) melalui Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan International (LPB&KUI) Sukses menggelar International Guest Lecture Excellence in Teaching: International Perspectives and Best Practices”, pada hari Rabu, 18 oktober 2023 yang bertempat di aula kampus 1 Universitas Muhammadiyah Enrekang, dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta civitas akademika UNIMEN.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Drs. Yunus Busa, M.Si., Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang yang kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu Kuliah Tamu Internasional dengan 3 Narasumber, yakni Abdullaeva Lola Takhirovna, Ph.D dan Suleymanova Nargiza Mardonovna, Ph.D, keduanya merupakan dosen yang berasal dari Samarkand State Institute of Foreign Language Uzbekistan, dan narasumber terakhir ialah St. Asmayanti AM, S.Pd., M.Pd, yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar. Mereka membagikan banyak pengalaman khususnya dalam bidang pendidikan dan telah berkontribusi dalam pengembangan metode pengajaran yang inovatif.

Pada kesempatan ini Abdullaeva Lola Takhirovna, Ph.D, menjelaskan gambaran umum tentang Samarkand State Institute of Foreign Language Uzbekistan, mulai dari lokasi, sejarah berdirinya dan keunggulan Samarkand State Institute of Foreign Language Uzbekistan, serta metode pengajaran yang dilaksanakan di negara tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan narasumber kedua, yakni Suleymanova Nargiza Mardonovna, Ph.D, beliau fokus membahas tentang negara asalnya secara umum, Uzbekistan, seperti letak geografis,sejarah, kesenian dan budaya, makanan, serta tentang pariwisata dan juga keadaan ekonomi di negara tersebut.

Selain narasumber Internasional, St. Asmayanti AM, S.Pd., M.Pd, yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar, turut berbagi wawasan dan pengalamannya terutama pada proses belajar dan mengajar. Dengan pengalamannya, beliau membahas tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengajar, serta cara terbaik untuk menjadi guru ataupun dosen.

Tak hanya itu, terdapat 15 dosen Universitas Muhammadiyah Makassar, yg masuk sit in (Program kuliah dimana mahasiswa mengikuti kuliah singkat) diberbagai kelas diantaranya BK, PBI dan beberapa program studi lainnya untuk semester 1, 3, 5, dan 7.

Acara International Guest Lecture ini sangat interaktif, dengan partisipasi aktif dari peserta yang mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber. Ini memberikan peluang berharga bagi mahasiswa dan staf akademik maupun dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang untuk memperluas wawasan mereka tentang pengajaran yang unggul.

Dengan adanya acara ini, Universitas Muhammadiyah Enrekang terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan perspektif Internasional dalam pengajaran. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat membantu menginspirasi inovasi dalam metode pengajaran serta meningkatkan daya saing lulusan di dunia global.

Acara ini ditutup dengan foto bersama.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arabic Arabic English English Indonesian Indonesian