Keberangkatan mahasiswa dan dosen pendamping ke negeri gajah putih Thailand, UNIMEN lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sekolah Islam di Thailand Selatan. Di sekolah yang berbeda sebanyak sepuluh mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) pada februari 2023 melakukan kegiatan pengabdian masyarakat Internasional di Thailand Selatan.

Kesepuluh mahasiswa tersebut sedang mengajar dibeberapa sekolah yang berbeda di Krabi, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas selama satu bulan dan Insya Allah berakhir pada tanggal 9 bulan Maret ini. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa mengajar Bahasa Inggris, seni dan olahraga. Program ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dari UNIMEN namun ada beberapa dari perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia.

Dosen Pembimbing sekaligus Kepala Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPB&KUI) Mr. Mustakim membawa dokumen MoU yang telah ditanda tangani lebih dulu oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang, Dr. Yunus Busa, M.Si diselah-selah kesibukannya. Penanda tanganan MoU bersama dengan Sangkhom Islam Wittaya School ini yang beralamat di Sadao District, Songkhla 90120, Thailand diharapkan agar lebih banyak Mahasiswa UNIMEN khususnya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk melakukan Magang/KKN Internasional di sekolah ini. Semoga ini adalah awal yang baik bagi UNIMEN dan juga bagi Sangkhom Islam Wittaya School.

Melalui MoU Ini, Rektor UNIMEN, Dr. Yunus Busa, M.Si menyampaikan harapannya untuk keberlanjutan kegiatan pengabdian ini, tidak hanya berhenti sampai masa pengabdian mahasiswa selesai namun juga berharap dapat mengirimkan calon mahasiswa disekolah mereka untuk belajar di UNIMEN.

“Harapan untuk semester depan, kegiatan mengajar ini dapat dilakukan lebih lama. Tidak hanya satu bulan, melainkan selama 6 bulan atau 1 semester. Selain itu, bentuk kerjasama yang dilakukan dapat diperluas seperti pengiriman siswa dari Sangkhom Islam Wittaya School yang tamat SMA agar lanjut di Universitas Muhammadiyah Enrekang dengan bantuan BEASISWA FULL ataupun Parsial, tidak hanya itu beliau juga berharap agar beberapa dosen UNIMEN bisa melakukan pengabdian Internasional di Thailand.

Bermanfaat bagi kedua belah pihak merupakan suatu harapan besar kita. Mahasiswa bisa meningkatkan keterampilan mereka tidak hanya dari segi mengajar tetapi juga menambah wawasan keinternasionalan mahasiswa. Ungkap Mustakim yang kerap disapa Mr. Kim.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arabic Arabic English English Indonesian Indonesian